Broker Asuransi Indonesia, Broker Asuransi, Reasuransi, Daftar Broker Asuransi Indonesia, Mari Berasuransi, Broker Asuransi
Beranda | Profil | Produk & Layanan | Berita | eAssist | Hubungi | Peta Situs


English | Indonesia

PT. JAYA PROTEKSINDO SAKTI
Kramat Center Blok A4
Jl. Kramat Raya No. 7-9
Kramat-Senen, Jakarta 10430
Telp : (021) 3148947, 3148948,
          3148951
Fax  : (021) 3148950 - 3912662

Customer Service 1
Tarif Ujian Sertifikasi Agen Asuransi Diturunkan
2013-07-12
TEMPO.CO, Jakarta -Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menurunkan tarif ujian sertifikasi agen sebesar 35-36
Premi Bruto Asuransi Umum Capai Rp 39,4 Triliun
2013-07-12
TEMPO.CO, Jakarta -umlah premi bruto tahun 2012 yang dikumpulkan asosiasi industri asuransi umum bertumbuh sebesar 14,3
ASURANSI JIWA di China Tertekan Lonjakan Klaim
2013-05-09
BEIJING--Industri asuransi jiwa di China mengalami tekanan finansial akibat tingginya klaim akibat polis yang ditebus

Melihat semua berita
Berita

Asia: Oktober bulan banjir, angin topan, letusan gunung berapi dan tsunami
2010-12-30
Oktober terus asuransi sibuk menjinjing Facebook kerugian sebagai bulan didominasi oleh banjir yang signifikan di Asia, Afrika dan Eropa, besarnya-7.7 gempa bumi dan tsunami di Indonesia, dan Super Topan Megi memukul Filipina, menurut Aon Benfield, yang dirilis terbaru " Cat Rekap Bulanan "laporan, memberikan analisis bahaya alam global bulan lalu termasuk peristiwa di bagian-bagian Asia, Oseania, Eropa, Amerika Utara dan Afrika. Di...
Agus Marto Cabut Usaha 4 Pialang Asuransi dan Reasuransi
2011-01-12
Menteri Keuangan Agus Martowardojo mencabut izin usaha 4 perusahaan penunjang usaha asuransi. Keempat perusahaan tersebut tak lagi dapat berusaha saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) Ngalim Sawega dalam siaran pers yang dikutip, Rabu (5/1/2011).

Adapun keempat perusahaan tersebut adalah:
•    PT Agilent Risk Specialities (pialang...
Reksa Dana Jadi Andalan Perusahaan Asuransi di 2010
2011-01-12
Perusahaan asuransi masih mengandalkan reksa dana sebagai instrumen untuk memperbesar portofolio investasi sepanjang 2010. Tercatat, portofolio reksa dana perusahaan asuransi nilainya mencapai Rp 57,07 triliun atau 30,5% dari total investasi yang sebesar Rp 187,35 triliun.

Menurut data Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), sepanjang tahun 2010, sampai dengan 30 Desember 2010, total investasi dari perusahaan...
2 peraturan baru asuransi segera terbit
2011-01-12
Sedikitnya dua kebijakan baru yang mengatur tentang aktivitas peransuransian nasional bakal diterbitkan dalam waktu dekat pada awal tahun ini, sebagai bagian dari upaya untuk terus memperbaiki kualitas industri.
Kepala Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Isa Rachmatarwata mengatakan dua kebijakan baru yang akan diterbitkan itu meliputi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang asuransi syariah dan...
Bapepam LK cabut izin 17 perusahaan perasuransian
2011-01-12
Sepanjang tahun 2010 ini, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) mencabut izin Sebanyak 17 perusahaan perasuransian. 10 diantaranya, merupakan perusahaan yang bergerak di pialang asuransi.

Berdasarkan siaran pers Bapepam LK, perusahaan-perusahaan itu antara lain, PT Asuransi Jiwa Bumi Masyarakat Mandiri, PT Andika Raharja Putera, PT Asia Reliance General Insurance, dan PT Pasific International Indonesia Insurance....
Izin 15 perusahaan asuransi terancam di cabut
2011-01-12
Sebanyak 15 perusahaan asuransi jiwa maupun asuransi umum masih terancam sanksi pencabutan izin usaha karena belum memenuhi ketentuan modal dengan batas akhir sampai 31 Maret 2011. Sesuai amanat PP No. 81/2008 tentang Permodalan Perusahaan Asuransi, setiap perusahaan asuransi wajib memenuhi modal minimum pada 2010 sebesar Rp40 miliar, Rp65 miliar bagi pemilik unit syariah, dan Rp100 miliar untuk perusahaan reasuransi.
...
Pusat Pendidikan Asuransi Berstandar Internasional Akan Segera Berdiri
2011-01-12
Sebuah pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan informasi asuransi yang bertaraf internasional, akan segera berdiri di Jakarta.

Pusat pendidikan asuransi yang akan diberi nama Institut Manajemen Resiko Indonesia (IMRI) yang akan berlokasi di Wisma Tugu, Jakarta tersebut, direncanakan memiliki standard...
Asuransi bencana sangat dibutuhkan di RI
2011-01-25
Asuransi bencana dinilai sudah sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat semakin seringnya terjadi bencana alam di Tanah Air. Dengan demikian harus secepatnya direalisasikan dan dimasukkan dalam APBN 2011.
Presiden Direktur PT Asuransi Maipark Indonesia Frans Y. Sahusilawane mengatakan asuransi bencana harus segera direalisasikan di Tanah Air mengingat semakin seringnya terjadi bencana alam.
Contohnya Maipark memperoleh klaim atas gempa di...
Maipark ingin kelola asuransi bencana
2011-01-25
Asuransi Maipark Indonesia menyatakan pemerintah tidak perlu ragu menyerahkan pengelolaan asuransi bencana kepada Maipark karena lembaga itu adalah koordinator untuk seluruh perusahaan asuransi umum yang terlibat mengelola asuransi bencana.
"Pemerintah tidak perlu ragu, karena yang mengcover asuransi bencana nantinya adalah seluruh perusahaan asuransi umum di Indonesia. Maipark hanya sebagai koordinator," jelas Presiden Direktur Maipark Frans...
Kerugian akibat kebakaran Ambarukmo Plaza tidak besar
2011-01-25
Klaim asuransi untuk kebakaran Ambarukmo Plaza di Yogyakarta sore ini diperkirakan tidak mencapai angka jutaan rupiah, karena hanya terjadi pada satu titik, yaitu outlet Planet Surf yang berada di lantai dua.
Marketing Komunikasi Ambarukmo Plaza Erika Marseptiyanti mengatakan kebakaran yang terjadi itu hanya menyebabkan kerusakan pada satu outlet dan tidak sampai menyebar ke outlet lain, apalagi lantai lainnya.

"Hanya satu titik saja...
Klaim banjir Australia lebih dari US$1 miliar
2011-01-25
JAKARTA: Dewan Asuransi Australia (ICA) hari ini mengumumkan nilai klaim asuransi yang harus dikeluarkan bagi korban benca banjir Queensland mencapai sedikitnya US$1,2 miliar.
ICA mencatat terdapat 31.000 klaim yang berasal dari banjir besar Queensland, tiga perempat dari klaim tersebut berasal dari asuransi bagi properti dan kendaraan pribadi maupun alat pertanian.
Beruntung, lanjut pernyataan ICA seperti dikutip dari ABC.net hingga saat...
Bapepam-LK cabut izin usaha Indocitra Finance
2011-01-25
JAKARTA. PT Indocitra Finance tak melakukan kegiatan operasional sejak akhir Desember 2010. Sekretaris Badan Pengawas Pasar Modal & Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Ngalim Sawega, mengiyakan hal tersebut.
Ia mengatakan dengan keluarnya Kep-719/KM.10/2010, Indocitra Finance mulai di-non aktifkan sejak 30 Desember 2010.
Pengumuman tersebut dikeluarkan tanggal 18 Januari 2011. "Pencabutan dilakukan karena PT Indocitra Finance dinilai sudah...
Pemerintah Dorong Maskapai Asuransikan Tiket Penerbangan
2011-01-25
Sementara, paket asuransi Aswata Kirana merupakan paket perlindungan untuk perumahan. Perlindungannya meliputi kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, huru-hara, perampokan, gempa bumi.

Wahana Tata memang saat ini sedang menggalakkan produk ritel. Sekedar informasi, sebelumnya Wahana Tata lebih dikenal dengan produk asuransi untuk korporasi.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berniat mendorong maskapai dalam negeri mengasuransikan tiket...
Kerugian akibat kebakaran Ambarukmo Plaza tidak besar
2011-01-26

Klaim asuransi untuk kebakaran Ambarukmo Plaza di Yogyakarta sore ini diperkirakan tidak mencapai angka jutaan rupiah, karena hanya terjadi pada satu titik, yaitu outlet Planet Surf yang berada di lantai dua.
Marketing Komunikasi Ambarukmo Plaza Erika Marseptiyanti mengatakan kebakaran yang terjadi itu hanya menyebabkan kerusakan pada satu outlet dan tidak sampai menyebar ke outlet lain, apalagi lantai lainnya.

"Hanya satu titik...
Waspadai Tiga Dampak Kerusuhan Mesir
2011-02-02
Kerusuhan yang terjadi di Mesir mau tidak mau memberi dampak kepada perekonomian dalam negeri, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada tiga dampak yang perlu diwaspadai dari kerusuhan tersebut.

"Pertama, dalam jangka sangat pendek, (kerusuhan Mesir) membuat pasar keuangan goyang, terutama aset-aset keuangan dan properti yang berdenominasi Mesir atau Timur Tengah," kata Ekonom Dradjad Wibowo kepada...
BAPEPAM-LK berencana identifikasi produk asuransi
2011-02-02
JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK) rencananya akan melakukan proses identifikasi produk-produk asuransi. Kepala Biro Perasuransian BAPEPAM-LK, Isa Rachmatarwata, menjabarkan rencana tersebut di hari Jumat lalu.

Dia menjelaskan, BAPEPAM-LK rencananya akan meminta perusahaan asuransi untuk melaporkan produk yang sedang dijual dan produk apa yang pernah dijual namun masih ada outstanding liability....
Bapepam-LK siap terbitkan aturan kesehatan asuransi
2011-02-02
JAKARTA. Pasca penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 11/PMK.010/2011 tentang Kesehatan Keuangan Usaha Asuransi dan Usaha Reasuransi dengan Prinsip Syariah, Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) segera mengeluarkan beberapa aturan turunannya. Ini merupakan aturan teknis yang memperjelas pelaksanaan sejumlah ketentuan di PMK tersebut.

Bersamaan dengan itu, regulator juga akan mensosialisasikan aturan...
Asuransi korban kebakaran KMP Laut Teduh II diperkirakan Rp7,47 miliar
2011-02-07
JAKARTA: Nilai klaim asuransi penumpang korban musibah kebakaran KMP Laut Teduh II lalu di perairan Selat Sunda dari Merak menuju Bakauheni yang terjadi pekan lalu (Jumat, 28 Januari) dini hari, diperkirakan mencapai Rp7,47 miliar.
Klaim untuk penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yang ditanggung oleh PT Asuransi Jasaraharja Putera dan PT Jasa Raharja (Persero), sedangkan untuk kendaraan ditanggung oleh PT Asuransi Jasaraharja Putera....
Bapepam-LK rancang aturan kontrak polis standar asuransi
2011-02-07
JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) bakal menerbitkan aturan penerbitan kontrak polis standar asuransi. Rancangan regulasi yang mengatur perilaku agen dan broker/pialang asuransi tersebut akan disusun tahun ini juga.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengatakan, sebenarnya aktivitas usaha terkait kontrak polis asuransi tidak di bawah yurisdiksi Undang-undang Perasuransian....
Bapepam-LK yakin aturan bancassurance tak hambat industri
2011-02-07
JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) meminta pelaku usaha tak khawatir dengan aturan baru dari Bank Indonesia (BI) tentang pemasaran produk asuransi kerjasama dengan bank atau bancassurance. Regulator pasar modal ini meyakini bahwa aturan itu tidak akan menghambat pertumbuhan industri asuransi. Justru beleid itu akan menjadikan industri asuransi lebih sehat dan terawasi dengan baik.

Sebagai catatan, 23...
Askrindo dinilai merugi akibat jamin KUR
2011-02-10
JAKARTA: Kementerian Badan Usaha Milik Negara kembali meminta penyesuaian premi PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) terkait dengan kerugian perseroan itu dalam penjaminan program Kredit Usaha Rakyat. Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan pihaknya terus mencari cara agar Askrindo tidak merugi terkait dengan rencana terus peningkatan nilai penjaminan kredit usaha rakyat (KUR).

Menurut dia, norma-norma pembukuan...
Bapepam-LK siapkan cetak biru nonbank
2011-02-10
JAKARTA. Kabar gembira bagi pelaku industri keuangan non perbankan. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah menyelesaikan cetak biru atawa blueprint pengembangan pasar modal dan lembaga keuangan non-bank (LKNB) hingga tahun 2014 mendatang.

Blueprint ini bisa dijadikan acuan pelaku pasar dalam mengembangkan industri pasar modal dan LKNB, yang meliputi perasuransian, pembiayaan dan penjaminan, serta dana pensiun...
Barang kiriman rusak, Tigaraksa gugat perusahaan kurir
2011-02-10
JAKARTA. PT Tigaraksa Satria Tbk menggugat perusahaan jasa kurir PT Caraka Yasa. TGKS menuding Caraka telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Sengketa ini berawal ketika Tigaraksa mengirimkan sejumlah barang melalui Caraka pada 15 Maret 2010 lalu. Ketika itu, barang yang hendak dikirimkan ke Balikpapan, Makassar, Manado, Medan dan Pontianak dalam kondisi baik. Namun, setelah sampai ke daerah tujuan, barang yang dikirimkan...
Perkuat modal, Tugu Kresna mulai cari mitra strategis
2011-02-23
PT Tugu Kresna Pratama mencari investor untuk memperkuat permodalan perusahaan. Maklum modal yang tercatat saat ini yaitu Rp 65 miliar sangat terbatas untuk ekspansi. Setidaknya modal yang kuat dalam mengimbangi bisnis mencapai Rp 150 miliar. Langkah tersebut diambil demi mendongkrak lini bisnis asuransi pembangkit listrik yang sedang berkembang.

Direktur Utama Tugu Kresna Pratama Yasril Y...
Perkuat Jalur Distribusi Keagenan, Sinarmas Kejar 20.000 Agen sampai 2015
2011-02-24
JAKARTA. Kontribusi premi dari jalur distribusi keagenan PT Asuransi Sinarmas boleh jadi masih mini, yakni 5% atawa Rp 104 miliar dari total perolehan premi bruto perusahaan sebesar Rp 3,26 triliun hingga akhir 2010 lalu. Tetapi, pencapaian tersebut tidak menciutkan niat perusahaan untuk memperkuat jalur pemasaran lewat tenaga agen.

Buktinya, tak tanggung-tanggung, Asuransi Sinarmas membidik peningkatan tenaga agen hingga 222% dari posisi...
AAUI desak revisi undang-undang perasuransian
2011-02-24
JAKARTA. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mendesak pemerintah segera mengajukan rancangan revisi Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian. Pasalnya, AAUI menilai, aturan main industri asuransi nasional membutuhkan pembaharuan.

Saat ini, harmonisasi rancangan revisi UU Perasuransian telah selesai di meja kerja Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Keuangan. Namun, produk hukum berusia hampir 20...
Izin usaha Panin Financial & Mitrasarana Insurance dicabut
2011-02-25
JAKARTA: Kemenkeu resmi mencabut izin usaha perusahaan asuransi jiwa PT.Panin Financial Tbk lantaran perseroan mengembalikan izin usaha karena merubah bisnis utama dari asuransi ke perusahaan jasa konsultasi.

Dalam situs resmi Bapepam-LK hari ini disebutkan pencabutan izin usaha ini sebetulnya berlaku sejak 31 Desember 2010 tetapi baru diumumkan oleh regulator pada 18 Februari 2011.


Selain itu regulator juga...
Bursa Tokyo Jatuh Parah Hingga 5%
2011-03-14
Tokyo - Bursa Saham Tokyo langsung mengalami kejatuhan terparah hingga 5% pada awal perdagangan Senin ini, atau tepat tiga hari setelah terjadinya tsunami yang diperkirakan menelan kerugian ratusan triliun di Jepang. Indeks Nikkei-225 jatuh di bawah level 10.000.

Mengawali perdagangan Senin (14/3/2011), indeks Nikkei-225 langsung merosot hingga 556 poin (5,42%) ke level 9.698,37. Kejatuhan bursa saham yang merupakan terburuk dalam sejarah...
Tsunami Jepang Seret Saham Eropa Jatuh ke Titik Terendah
2011-03-14
Saham-saham di bursa Eropa jatuh ke level terendah dalam 3 bulan terakhir pada perdagangan Jumat ini. Akibat kekhawatiran dampak gempa yang terjadi di Jepang dan kerusuhan di Arab Saudi.

Meski begitu, para analis mengatakan pergerakan saham berpotensi untuk kembali naik.

Saham-saham perusahaan asuransi turun paling parah, karena kekhawatiran ganti rugi akibat gempa  yang terjadi di Jepang.

Indeks saham utama di London...
Saham asuransi Eropa rontok setelah gempa Jepang
2011-03-14
LONDON. Saham Eropa terus terkoreksi selam tiga hari berturut-turut. Saham sektor asuransi tersungkur paling dalam setelah gempa dan tsunami menghantam Jepang.

Swiss Reasuransi Co dan Munich Re yang merupakan perusahaan reasuransi terbesar dunia, merosot lebih dari 3,5%. K + S AG anjlok 6,4% setelah BASF SE mengumumkan rencana penjualan saham senilai 1 miliar euro atau setara US$ 1,4 miliar.

Indeks Stoxx Eropa 600 turun...
Bentuk tim khusus untuk verifikasi lahan puso
2011-03-14
JAKARTA. Bisa jadi proses ganti rugi untuk para petani yang lahan sawahnya terkena puso alias gagal panen bakal ribet. Pemerintah tak bakalan percaya begitu saja menerima laporan adanya lahan puso.

Pemerintah akan membentuk tim khusus untuk melakukan verifikasi sawah yang terkena puso. Keberadaan tim khusus ini sekaligus untuk memastikan dana gagal panen ini sampai ke tangan para petani yang berhak. "Saat ini kami masih ...
11 Perusahaan asuransi terancam sanksi
2011-03-14
Sebanyak 11 perusahaan asuransi masih terancam sanksi dari regulator, karena belum memenuhi ketentuan permodalan hingga tenggat akhir Maret 2011.
Kepala Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Isa Rachmatarwata mengatakan dari laporan keuangan perusahaan asuransi yang belum diaudit pada tahun lalu, masih ada 16 perusahaan yang belum memenuhi ketentuan. Perusahaan asuransi tersebut terdiri dari 12...
Gempa Jepang Berimbas ke Industri Asuransi
2011-03-16
Gempa dan gelombang tsunami yang melanda Jepang diperkirakan bakal mengguncang lini bisnis asuransi di Indonesia. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan asuransi dalam negeri yang mengantongi premi lewat aktivitas usaha ekspor-impor dari negeri matahari tersebut.

Dampaknya antara lain akan menimpa PT Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI). Senior Manager Asuransi ASEI Galung Priyo Santoso memastikan, bencana alam yang menimpa Jepang sedikit-banyak...
Tsunami bisa naikkan tarif treaty reasuransi
2011-03-16

JAKARTA: Gempa bumi berkekuatan 8,9 skala Ricther yang disertai dengan tsunami yang melanda di Jepang akhir pekan lalu diperkirakan bakal berdampak terhadap kenaikan harga reasuransi internasional (treaty) lebih dari 20% untuk asuransi gempa bumi dari Indonesia dan sejumlah negara di Asia.



"Saya belum bisa memperkirakan, tetapi bisa saja kenaikannya sangat tinggi, karena dampak gempa yang ditimbulkan sangat besar,...
Klaim asuransi akibat bencana di Jepang bisa mencapai ¥ 2,8 triliun
2011-03-16
NEW YORK. AIR Worldwide memprediksi, perusahaan asuransi dan reasuransi global yang punya exposure ke Jepang bisa menghadapi lonjakan klaim. Nilai ganti rugi tersebut diperkirakan mencapai ¥ 2,8 triliun atau setara dengan US$ 34 miliar. Klaim melonjak terkait dengan gempa bumi yang menggempur sebagian wilayah Jepang.

Tapi, klaim tersebut belum termasuk kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami. Jayanta Guin dari AIR Worldwide mengatakan,...
Asuransi akan makin merasuki warga Indonesia
2011-03-21
JAKARTA. Wow. Penetrasi industri asuransi nasional yang hingga akhir tahun lalu tercatat sebesar 1,75% diperkirakan bakal tembus 2% dalam dua tahun mendatang. Faktor utamanya tergambar dari perkembangan industri asuransi yang tecermin lewat pertumbuhan pendapatan premi bruto.

Menurut Humas Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Willy Suwandi Dharma, rasio premi bruto yang disetahunkan terhadap GDP bisa berkisar 1,80%-1,85% dengan kondisi...
Nonbank bisa jadi agen penjual reksadana
2011-03-21
JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sedang membuat aturan yang memungkinkan lembaga keuangan nonbank bisa menjadi agen penjual reksadana. Aturan tersebut bisa memungkinkan dana kelolaan manajer investasi bisa melonjak signifikan.

Kabiro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK Djoko Hendratto menilai saat ini otoritas sedang menggodok beleid tersebut. "Nanti dimungkinkan reksadana bisa dijual melalui financial...
DKI santuni mobil tertimpa pohon Rp10 juta
2011-03-21
JAKARTA: Pemprov DKI Jakarta berkomitmen memberikan santunan bagi warga yang mengalami kerugian akibat musibah pohon tumbang yang terjadi selama hujan deras kemarin.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta Catherine Suryowati mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan PT Asuransi Takaful untuk menanggung kerugian akibat pohon tumbang dengan santunan maksimal Rp10 juta yang tertimpa pohon.

"Untuk ...
Bank Dunia perkirakan kerugian gempa Jepang capai US$ 235 miliar
2011-03-21
FUKUSHIMA. Bank Dunia memperkirakan, kerugian akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang mencapai hingga US$ 235 miliar. Proses rekonstruksi dan rehabilitasi daerah yang hancur diperkirakan selama lima tahun.

Dalam laporannya, Bank Dunia juga memperkirakan klaim ganti rugi perusahaan asuransi akan mencapai US$ 33 miliar. Sementara, pemerintah akan membelanjakan duit sebesar US$ 12 miliar untuk proses rekonstruksi dan...
2 Investor 'tinggalkan' Asuransi Puri Asih
2011-03-24
JAKARTA: PT Asuransi Puri Asih kehilangan dua dari empat calon investor terkait pemenuhan modal minimum sebesar Rp40 miliar. Calon investor yang tersisa pun belum memberikan kepastian berinvestasi.

Sebelumnya, tercatat empat investor yang berminat untuk menjadi mitra strategis Puri Asih, yaitu dua bank swasta, satu perusahaan sekuritas, dan satu perusahaan investasi.

Puri Asih termasuk salah satu perusahaan...
Aturan investasi perusahaan penjaminan akan dilonggarkan
2011-03-24
JAKARTA: Kementerian Keuangan saat ini sedang membahas revisi aturan tentang pembatasan investasi bagi perusahaan penjaminan agar dapat berinvestasi dengan jangka lebih panjang.

Direktur Utama Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Nahid Hudaya mengatakan saat ini Kementerian Keuangan sedang membahas revisi tentang pembatasan investasi bagi perusahaan penjaminan.

“Ada peraturan menteri yang lagi dibahas...
Kontribusi asuransi teror minim
2011-03-24
JAKARTA: Asuransi teroris dan sabotase belum memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan premi jelang triwulan I/2011. Pemegang polis umumnya merupakan nasabah lama yang memperpanjang polis asuransi teroris dan sabotase.

Presiden Direktur Asuransi Bintang Zafar D. Idham memprediksi perolehan premi asuransi teroris dan sabotase sebesar 15% dari total perolehan premi keseluruhan. Perseroan masih menerima permintaan...
Asuransi gempa bumi masih tertahan di parlemen
2011-03-29
JAKARTA. Rencana pemerintah memanfaatkan asuransi gempa bumi dalam menghadapi bencana alam semakin bulat. Sayang, keinginan itu belum juga terealisasi. Lihat saja, sampai saat ini skema asuransi itu masih mangkrak di DPR. Padahal, pemerintah menargetkan, asuransi gempa bumi bisa terlaksana mulai tahun 2011.

Pelaksanaa Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang PS. Brodjonegoro mengaku, sudah menyiapkan skema...
Pemain baru asuransi siap rebut nasabah
2011-03-30
JAKARTA. Dua pemain baru di industri asuransi jiwa yang masuk gelanggang tahun lalu, yakni Aviva International Holding limited dan Zurich Financial Service Group, bakal mulai berekspansi di tahun ini. Mereka siap bersaing merebutkan nasabah asuransi di Indonesia. Salah satu strategi mereka adalah mengembangkan bisnis baru.

Sekadar mengingatkan, Aviva merupakan salah satu grup asuransi terbesar Eropa. Ia masuk ke Indonesia pada...
Tugu Re incar pertumbuhan premi 40% di 2011
2011-03-30
JAKARTA. PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugu Re) mematok pertumbuhan premi sebanyak 40% sepanjang tahun ini. Artinya premi bertambah menjadi Rp 690 miliar dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya yang berkisar Rp 493 miliar.

Pertumbuhan tersebut bakal ditopang dari penjualan produk-produk asuransi kerugian/umum yang sampai saat ini masih mendominasi total perolehan premi perusahaan. Yaitu, 90% dari produk asuransi kerugian,...
Mandiri dan AXA akuisisi Asuransi Dharma Bangsa
2011-04-07
JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bersama AXA S.A. segera mengakuisisi PT Asuransi Dharma Bangsa (ADB) untuk mendongkrak bisnis asuransi kerugian.

BMRI akan memborong 120.000 lembar saham dari 126.718 saham baru yang akan diterbitkan ADB. Sementara, AXA S.A. mem mengambil alih 73.292 lembar saham ADB dari pemilik lama, yakni Dana Pensiun BMRI 1 dan PT Estika Yasakelola. Selain itu, AXA S.A. juga akan membeli sisa saham baru...
Agus Marto Cabut Izin Pialang Asuransi
2011-04-12
Menteri Keuangan Agus Martowardojo mencabut izin usaha sebuah perusahaan pialang asuransi yaitu PT Binakarya Sarana. Ini dilakukan karena Binakarya tak memenuhi aturan modal minimum Rp 1 miliar.

Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Humas Kemenkeu Yudi Pramadi dalam siaran pers, Senin (11/4/2011).

"Pencabutan izin dilakukan melalui Keputusan Menteri Keuangan No. KEP-273/KM.10/2011 tanggal 17 maret 2011," ujar...
Mega Insurance targetkan premi Rp 400 miliar
2011-04-12
Persaingan industri asuransi memang semakin ketat. Namun, PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) optimistis bisa ikut menikmati gurihnya kue bisnis ini. Tahun 2011, perusahaan asuransi milik Para Group ini menargetkan pendapatan premi sekitar Rp 400 miliar, tumbuh 76,21% dari perolehan di 2010 sebesar Rp 227 miliar.

General Manager Teknik Mega Insurance Subianto memastikan, sumber premi tahun ini masih sama dengan 2010 kemarin. ....
Asuransi agar dapat akses sistem informasi BI
2011-04-26
Pelaku industri perbankan mengharapkan pelaku industri asuransi dapat mengakses sistem informasi debitur (SID) Bank Indonesia untuk memudahkan pengecekan kredit macet nasabah asuransi tersebut.
Kepala Oil, Gas, & Energy Desk PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Dedy Ihsan mengatakan harapan itu dapat menelurkan sinergi di antara lembaga keuangan. "Nanti bisa data nasabah dapat dikroscek untuk melihat detail pinjaman, nantinya...
Asuransi Zurich perbesar bisnis segmen kendaraan bermotor
2011-04-26
PT Zurich Insurance Indonesia menargetkan pertumbuhan premi sebesar 30% tahun ini dengan memperbesar lini bisnis ritel melalui asuransi kendaraan roda empat.

Presiden Direktur Zurich Indonesia Sancoyo Setiabudi mengatakan asuransi kendaraan roda dua berkontribusi sebesar 25% dari total pendapatan premi Rp405 miliar pada 2010.

Perseroan merambah sektor asuransi kendaraan roda empat guna meningkatkan pertumbuhan bisnis ritel hingga...
Pertumbuhan reasuransi umum diprediksi rendah
2011-04-26
PT Reasuransi Internasional Indonesia (Reindo) memprediksi pertumbuhan segmen reasuransi umum perseroan maksimal sebesar 5% tahun ini, lebih rendah dibandingkan dengan dua segmen lain yaitu reasuransi syariah dan reasuransi jiwa.
Kepala Divisi Reasuransi Umum Reindo Kocu Andre Hutagalung mengatakan pertumbuhan reasuransi syariah dan reasuransi jiwa diprediksi lebih dari 15% pada tahun ini.

Dia mengatakan perseroan...
Asuransi Zurich Garap Pasar Ritel
2011-05-09
Selama ini bergerak di pasar korporat, Asuransi Zurich mulai serius menggarap pasar ritel di Indonesia. Kebutuhan asuransi mobil menjadi salah satu peluang yang dibidik perusahaan yang bermarkas di Swiss tersebut.

"Kita berharap kalau bisa ritel mendekati 50 persen. Saat ini pasar ritel di kami baru 39 persen," kata Sancoyo Setiabudi, Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia di sela-sela peluncuran produk asuransi MobilZ di...
Korban Mendapat Asuransi Rp 700 Juta
2011-05-09
Para korban kecelakaan pesawat Merpati Airline akan mendapatkan asuransi lebih dari Rp 700 juta. Hal ini dikatakan Sukandi, Humas PT Merpati, seusai pertemuan pers terkait jatuhnya pesawat maskapai tersebut pada Sabtu (7/5/2011) pukul 14.05 WIT di perairan Kaimana, Papua Barat.

"Penumpang Merpati diasuransikan. Mereka akan mendapatkan hak-haknya. Kami usahakan di atas Rp 700 juta per orang," ujar Suhendi di Kantor Kementerian Perhubungan,...
Jutaan Penduduk Tak Punya Asuransi Kesehatan
2011-05-09
Setidaknya 41 persen dari 237 juta warga negara Indonesia belum mempunyai jaminan kesehatan. Padahal, jaminan kesehatan merupakan perlindungan yang mendasar. Meski awalnya bisa membayar, mereka yang tak memiliki jaminan kesehatan bisa jatuh miskin jika sakitnya berat.

Hal itu terungkap dalam diskusi panel bertajuk ”Sampai Di mana Universal Health Coverage?” yang diselenggarakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia,...
Avrist gandeng Muslimat NU
2011-05-09
PT Avrist Assurance bekerja sama dengan Muslimat Nahdatul Ulama menyusun pilot project di tujuh provinsi di Jawa dan Sumatra guna membantu memenuhi target peningkatan premi 80% pada tahun ini.

Avrist memfokuskan pengembangan ke Medan, Makassar, DKI Jakarta, Lampung, Palembang, Surabaya, serta beberapa kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pada 2010, Avrist mencatatkan pendapatan premi (audited) lebih dari Rp1,6 triliun....
Bencana menggerus keuntungan perusahaan Warren Buffet
2011-05-09
Kinerja perusahaan investasi Warren Buffet, Berkshire Hathaway Inc. melorot tajam. Laba perusahaan tersebut turun sekitar 58% akibat gempa yang terjadi di Jepang, Australia dan Selandia Baru.

Berkshire melaporkan, laba bersihnya sebesar US$ 1,5 miliar atau sebesar 917 per saham kelas A. Laba ini turun dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu dimana ketika itu keuntungan bersih tercatat sebesar US$ 3,6 juta atau sebesar US$...
Di pesawat, sertifikat FAA hanya untuk kemudahan perdagangan dan asuransi
2011-05-10
JAKARTA. Perdebatan mengenai perlunya Sertifikat Federal Aviation Administration (FAA) terus saja bergulir. DPR bahkan sudah buka mulut untuk segera membatalkan pemesanan pesawat tanpa sertidikat FAA. Tapi pengamat penerbangan menyebutkan hanya untuk kemudahan perdagangan dan asuransi pesawat. Sertifikat itu dianggap sebagai nilai jual tinggi bagi negara yang menganut standar FAA.

"Sertifikat kelayakan terbang itu sebenarnya dikeluarkan...
Klaim bencana melonjak, reasuransi terbesar di dunia catatkan kerugian
2011-05-10
MUNICH. Perusahaan reasuransi terbesar di dunia yakni Munich Re, mengalami kerugian pada kuartal pertama 2011. Perusahaan yang berbasis di Jerman ini terpaksa mencatatkan rugi bersih sebesar 947 juta euro atau setara dengan US$ 1,4 miliar.

Padahal tahun sebelumnya, Munich mencatatkan keuntungan bersih sebesar 482 juta euro. Kerugian ternyata disebabkan karena klaim atas bencana gempa Jepang yang terjadi Maret lalu.

Rugi ini di...
InHealth perbesar andil broker dan agen
2011-05-12
Tahun ini, Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (InHealth Insurance) mulai memperbesar porsi penjualan produk via broker dan agen. Ia akan meningkatkan kontribusi dua distribusi pemasaran itu, dari 20% menjadi 50%. Harapannya, bisa mendukung pencapaian target premi tahun ini sekitar Rp 1,15 triliun.

Selama ini, mayoritas kontribusi pendapatan premi InHealth berasal dari kantor pemasaran sendiri. Sebanyak 12 kantor pemasaran yang ada mampu...
Pesawat Merpati yang jatuh sudah diasuransikan
2011-05-19
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustofa Abubakar menyatakan, pesawat jenis MA-60 milik PT Merpati Nusantara Airlines yang jatuh di perairan Kaimana Papua Barat telah mendapat jaminan asuransi setara harga pesawat baru.

Nilai asuransi tersebut sebesar US$11.206.667 untuk hull risk (resiko rangka) dari PT Asuransi Jasa Indonesia. Selain itu, Mustafa bilang, Merpati juga menerima asuransi minimal sebesar rp 250...
Pertamina Rugi US$ 30 Juta Akibat Kebakaran Kilang Cilacap
2011-05-26
PT Pertamina (Persero) menyatakan mengalami kerugian US$ 30 juta akibat kebakaran pada 3 tangki di Kilang Cilacap bulan lalu. Untuk penggantiannya, Pertamina berharap dari pihak asuransi.

Hal ini disampaikan oleh Direktur SDM Pertamina Rukmi Hadihartini dalam rapat dengan Komisi VII DPR yang diadakan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/5/2011).

"Kerugian Cilacap ditaksir US$ 30 juta tapi itu rinciannya belum masih taksiran...
Bapepam kaji regulasi asuransi mikro
2011-05-31
JAKARTA: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menyadari perlunya regulasi khusus yang mengatur tentang asuransi mikro mengingat semakin banyak perusahaan asuransi yang melirik lini bisnis ini.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata mengakui industri asuransi nasional belum mempunyai pengaturan khusus produk asuransi mikro.

Menurut dia, peraturan tersebut dibutuhkan, karena sifat asuransi...
RUU BPJS ditargetkan selesai pada Juli
2011-06-01
JAKARTA: DPR menargetkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang merupakan turunan Undang-Undang No.40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Tenaga Kerja bisa selesai pada Juli.
Anggota Pansus BPJS dari Komisi IX Ledia Hanifa Amaliah mengakui pembahasan yang dilakukan selama ini berjalan cukup alot, tetapi diharapkan bisa rampung sebelum masa sidang berakhir.

“Harapan kami...
Broker asuransi rontok dilibas aturan permodalan
2011-06-09
Implementasi PP No. 38/2008 tentang ketentuan modal minimum perusahaan pialang asuransi merupakan penyebab terjadinya pencabutan izin usaha beberapa pialang asuransi sejak awal tahun.

Ketua Umum Asosiasi Broker Asuransi Indonesia Nanan Ginanjar mengatakan PP No.38/2008 yang mensyaratkan perusahaan pialang asuransi memiliki modal sendiri sebesar Rp1 miliar berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis pialang...
Pencabutan izin Multi Trust guncang industri asuransi
2011-06-09
Industri perusahaan pialang asuransi kembali terguncang karena terjadi pencabutan izin usaha perusahaan pialang asuransi PT Multi Mitra Trust pekan lalu.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan melalui Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan juga mencabut izin usaha dua perusahaan pialang asuransi, yakni PT Binakarya Sarana dan PT Artha Jasa Indonesia pada April lalu.

Sebelum mencabut izin, Menkeu telah mengenakan sanksi...
Asuransi Harta Aman bagi dividen Rp2,44 miliar
2011-06-09
PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk membagikan dividen sebesar 26% dari total pendapatan laba bersih pada 2010 atau sekitar Rp2,44 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, perolehan laba perseroan mencapai Rp9,14 miliar pada 2010 atau tumbuh 29,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni Rp7,27 miliar. Pendapatan premi bruto tumbuh sebesar39,19% menjadi Rp150,02 miliar pada 2010 dari Rp107,78 miliar.

Adapun,...
BUMN asuransi enggan melebur untuk BPJS
2011-06-15
Direktur Utama PT Jamsostek Hotbonar Sinaga menyatakan rencana peleburan Jamsostek, PT Askes, PT Asabri, dan PT Taspen menjadi dua Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) masih memerlukan pengkajian dari sisi kelebihan dan kekurangan.

Menurut dia, keempat BUMN itu sebaiknya tidak dilebur untuk menjalankan BPJS Program Jaminan Kesehatan, Kecelakaan Kerja dan Kematian, dan BPJS Program Jaminan Pensiun dan Hari...
Siapa saja asuransi terbaik ?
2011-06-16
Sebanyak 11 perusahaan asuransi jiwa, 12 perusahaan asuransi umum, dan tiga perusahaan reasuransi meraih penghargaan sebagai perusahaan asuransi terbaik 2011 versi Media Asuransi pekan ini. Penghargaan tersebut dibedakan menjadi tiga kategori berdasarkan ekuitas perseroan adalah kelompok ekuitas di atas Rp750 miliar, kelompok ekuitas Rp250 miliar – Rp750 miliar, kelompok ekuitas Rp100 miliar – Rp250 miliar ,dan ekuitas...
Restrukturisasi bisnis reasuransi direspons positif
2011-06-17
Pelaku industri reasuransi mendukung wacana penggabungan perusahaan reasuransi di dalam negeri menjadi tinggal dua perusahaan dari kondisi saat ini sebanyak empat perusahaan.

“Manurut saya masih terlalu banyak, karena saat ini masih ada reasuransi yang kesulitan mengelola risiko sendiri karena kecilnya ukuran perusahaan sehingga langsung dialihkan ke luar negeri atau ke asuransi lainnya,” ujar Direktur Utama PT Maskapai Reasuransi...
Home » Finansial » Asuransi » Investasi Asuransi Ekspor capai Rp30 miliar Investasi Asuransi Eksp
2011-06-22
Hasil investasi PT Asuransi Ekspor Indonesia mencapai Rp30 miliar per Mei 2011 atau memenuhi 50% dari rencana kerja dan anggaran perseroan, yakni Rp60 miliar pada tahun ini.

Eva Yorita, Kepala Divisi Keuangan dan Investasi ASEI, menuturkan dana investasi perseroan per lima bulan pertama 2011 sebesar Rp670 miliar atau naik 5,84% dari Rp633 miliar pada akhir tahun lalu.

Dia menjelaskan jumlah dana investasi tersebut telah melampaui...
Ekuitas industri asuransi umum meningkat
2011-06-22
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia mencatat pertumbuhan permodalan industri asuransi umum nasional sebesar 23,68% pada tahun lalu.

Total modal sendiri asuransi umum nasional mencapai Rp25,43 triliun pada 2010 sedangkan tahun sebelumnya sebesar Rp20,56 triliun.

Adapun, total modal disetor tumbuh 19,97% menjadi Rp8,37 triliun dari Rp6,98 triliun pada tahun sebelumnya.

Ketua Umum AAUI Kornelius Simanjuntak mengatakan peningkatan...
BPJS bisa berinvestasi
2011-06-23
Rapat Panitia Kerja RUU BPJS menyepakati sejumlah hal, a.l. lenmbaga itu berhak menagih pembayaran iuran, dan menempatkan dana jaminan sosial dalam instrumen-instrumen investasi, serta pembentukan Dewan Pengawas. Yudi Pramadi, Kepala Biro Humas Kementerian Keuangan, menjelaskan Panja Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS), yang merupakan perwakilan DPR dan pemerintah, telah menggelar rapat kerja pada...
Ekuitas industri asuransi umum meningkat
2011-06-23
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia mencatat pertumbuhan permodalan industri asuransi umum nasional sebesar 23,68% pada tahun lalu.

Total modal sendiri asuransi umum nasional mencapai Rp25,43 triliun pada 2010 sedangkan tahun sebelumnya sebesar Rp20,56 triliun.

Adapun, total modal disetor tumbuh 19,97% menjadi Rp8,37 triliun dari Rp6,98 triliun pada tahun sebelumnya.

Ketua Umum AAUI Kornelius Simanjuntak mengatakan peningkatan...
Premi asuransi umum didominasi kendaraan bermotor
2011-06-23
Lini bisnis asuransi kendaraan bermotor mendominasi pendapatan premi bruto industri asuransi umum dan reasuransi nasional sebesar 29,41% pada 2010. Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Kornelius Simanjuntak menuturkan pertumbuhan lini bisnis asuransi kendaraan bermotor memengaruhi pertumbuhan asuransi umum dan reasuransi nasional secara keseluruhan.

Berdasarkan data yang dihimpun AAUI, pertumbuhan premi bruto sebesar 10,18% menjadi...
Pendapatan premi bruto Adira Dinamika naik 39,51%
2011-06-23
JAKARTA: PT Asuransi Adira Dinamika membukukan pendapatan premi bruto sebesar Rp535,26 miliar per Mei 2011 atau 39,51% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp383,59 miliar.

Presiden Direktur Adira Insurance Willy Suwandi Dharma menjelaskan lini bisnis asuransi kendaraan bermotor mendominasi perolehan premi bruto hingga 65%.

“Meskipun sempat ada gangguan sebagai dampak bencana gempa bumi dan tsunami Jepang, lini...
Bapepam-LK kaji usulan sertifikasi khusus agen penjamin proyek
2011-06-28
JAKARTA: Bapepam-LK mempertimbangkan usulan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia untuk memberlakukan sertifikasi khusus untuk agen asuransi yang menjual produk penjaminan proyek.

Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatawarta mengatakan beberapa lini usaha asuransi memang memerlukan sertifikasi khusus karena sifat bisnisnya yang khas seperti surety bond.

Surety bond bukan merupakan produk proteksi melainkan penjaminan....
BPJS agar tak kurangi fungsi BUMN asuransi
2011-06-28
Pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial diharapkan tidak mengurangi fungsi empat BUMN asuransi yang telah ada.

Mantan Ketua Penyusun Sistem Jaminan Sosial Nasional Sulastomo menyatakan usulan pembentukan dua BPJS berpotensi menimbulkan kerancuan penyelenggaraan program jaminan sosial.

Menurut dia, pemerintah dan DPR harus mempertimbangkan penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasioanl secara keseluruhan, baik dari aspek...
Jiwasraya resmikan lembaga pelatihan agen
2011-06-28
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) meresmikan lembaga pusat pelatihan agen dan call center guna mendukung usaha pencapaian target pendapatan premi sebesar Rp4,1 triliun pada tahun ini.

Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim mengatakan keberadaan call center akan memudahkan para pemegang polis dan masyarakat mendapatkan informasi tentang produk asuransi, status polis, pembayaran premi dan klaim.

Sebelumnya...
Asuransi penjaminan kapal disambut positif
2011-07-07
Pembentukan konsorsium asuransi penjamin kapal merupakan langkah positif industri asuransi membantu nelayan dalam mengakses permodalan ke perbankan.

Rachman Notowibowo, Direktur Pemasaran Asuransi Binagriya Upakara, salah satu anggota konsorsium, mengatakan perseroan tertarik berpartisipasi setelah melakukan analisa atas potensi risiko, nilai pertanggungan, dan pendapatan premi dari asuransi nelayan ini.

“Perseroan belum...
Pan Pacifik incar premi alat berat
2011-07-08
PT Pan Pacific Insurance berencana mendirikan lini bisnis asuransi alat berat pada semester kedua tahun ini.

Saat ini perseroan menjalani aktivitas bisnis asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan dan kecelakaan diri, asuransi kebakaran, penjaminan proyek, dan pengangkutan.

Direktur Pemasaran Pan Pacific Insurance Cunyono Lijanto mengatakan perseroan menangkap peluang bisnis asuransi alat berat karena menilai industri alat...
AAUI catat hanya 55,21% agen asuransi yang tersertifikasi
2011-07-08
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia mencatat hanya sekitar 55,21% dari 17.539 agen asuransi umum yang terdaftar memiliki sertifikasi keagenan.

Ketua Bidang Pendidikan dan Keagenan AAUI Budi Hartono Purnomo mengatakan jumlah agen asuransi umum bersertifikasi sebanyak 9.683 orang ketika tenggat waktu yang diberikan Bapepam-LK berakhir pada 30 Juni lalu.

Dia menuturkan jumlah ini melebihi target yang ditetapkan Bapepam-LK, yakni 7.500...
Agen asuransi diminta selektif cari nasabah
2011-07-11
Penelusuran riwayat kesehatan calon pemegang polis merupakan hal yang penting dilakukan perusahaan asuransi jiwa sebelum menerbitkan polis asuransi.

Hal inilah yang dikemukakan dalam seminar bertema The Importance of Risk Selection yang diselenggarakan oleh PT Asrinda Arthasangga, perusahaan broker reasuransi, bekerja sama dengan Best Re Family (L) Limited, perusahaan reasuransi asal Malaysia.

Vijaya Prasad...
Pemerintah prioritaskan BPJS kesehatan
2011-07-12
Pemerintah akan memprioritaskan pelaksanaan BPJS bidang kesehatan, sebelum melaksanakan program yang lainnya. Ditargetkan BPJS bidang kesehatan bisa mulai pada 2014. Kebijakan tersebut akan diikuti oleh masuknya PNS baru menjadi peserta BPJS dan tidak lagi menjadi peserta PT Askes.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menuturkan pelaksanaan BPJS akan dilakukan secara bertahap. Apabila dilaksanakan secara serempak, akan menimbulkan risiko...
AAJI tak gentar hadapi BPJS
2011-07-12
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengaku tidak gentar menghadapi pembentukan  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terkait dengan pangsa pasar asuransi jiwa.
Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim menghormati keputusan pemerintah dan DPR dalam merealisasikan BPJS.

Menurut dia, industri asuransi jiwa justru menaruh perhatian pada tarif premi yang nanti akan ditetapkan oleh pengelola BPJS kepada semua peserta.

"Jadi,...
Sertifikasi K3 bisa turunkan klaim
2011-07-14
Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga mengharapkan sertifikasi Kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja berperan dalam menurunkan angka klaim yang ditanggung Jamsostek.

Dia memaparkan sekitar 70% dari laba bersih Jamsostek pada 2010 atau sekitar Rp1,05 triliun dikembalikan kepada peserta, salah satunya untuk membantu perusahaan memperbaiki sistem manajemen K3.

Menurut dia, jika perusahaan menerapkan...
Trik Memakai Fasilitas "One Bill"
2011-07-15
Pernah mendapat tawaran One Bill dari bank penerbit kartu kredit? One Bill adalah fasilitas pembayaran berbagai tagihan pribadi dan rumah tangga, yang dijadikan satu dan dibayarkan melalui tagihan kartu kredit. Pihak bank penerbit kartu kredit akan membayarkan tagihan listrik, air, televisi kabel, telepon rumah, ponsel, premi asuransi dan tagihan lainnya, sehingga Anda tidak perlu repot dan mengalokasikan waktu untuk membayar seluruh tagihan...
Bahas RUU BPJS, Pemerintah "Amnesia"
2011-07-15
Kalangan anggota Panitia Khusus DPR yang membahas Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mempertanyakan sikap pemerintah yang berubah-ubah. Sebab, kesepakatan bersama yang sebelumnya sudah disetujui dalam Rapat Panitia Kerja DPR dimentahkan kembali.

Kesepakatan yang dituduh dimentahkan kembali oleh pemerintah adalah prinsip mengenai transformasi menyeluruh dan bertahap terhadap empat BUMN, yakni Jaminan Sosial Tenaga...
Asuransi bencana butuh kerja sama pemerintah dan industri
2011-07-19
Pemerintah dan industri asuransi nasional perlu bekerja sama dalam merealisasikan asuransi bencana.

Pengamat asuransi Munir Sjamsoeddin menuturkan selama ini pemerintah menanggung kerugian yang terjadi akibat bencana alam di Indonesia. Akibatnya, jika kekurangan dana, pemerintah terpaksa bergantung pada hibah atau pinjaman dari negara lain.

Dia berpendapat perusahaan asuransi baik asuransi jiwa maupun asuransi umum menanggung klaim...
Perkara asuransi sebaiknya diadukan ke arbitrase
2011-08-01
JAKARTA: Pakar hukum dari Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan perkara asuransi sebaiknya bisa diselesaikan melalui arbitrase dalam hal ini adalah Badan Mediasi Asuransi Indonesia.
Menurut dia, arbitrase dinilai lebih ahli dan memahami setiap perkara asuransi. Namun, penyelesaian perkara asuransi tidak populer ditangani melalui arbitrase karena keberadaan arbitrase tersentral di kota besar dan minimnya sosialisasi tentang...
Meneg BUMN serahkan kasus Askrindo ke penegak hukum
2011-08-08
JAKARTA: Kementerian BUMN menyerahkan sepenuhnya proses penanganan kasus dugaan penyimpangan dana investasi di PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) kepada aparat penegak hukum yang berwenang.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan kasus dugaan penyimpangan dana nasabah di PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) harus segera diselesaikan secara tuntas menurut ketentuan yang berlaku agar tidak mengganggu kinerja perseroan ke depannya....
Victoria cetak premi bruto Rp6 miliar
2011-08-10
PT Victoria Insurance membukukan pendapatan premi bruto Rp6 miliar pada semester pertama tahun ini. Adapun,perseroan menargetkan pendapatan premi bruto sebesar Rp50 miliar pada 2011.

“Selama enam bulan pertama, perusahaan belum didukung sepenuhnya oleh sumber daya manusia dan sistem. Namun, saya optimistis target tercapai karena mulai Juli lalu, perusahaan siap beroperasi secara keseluruhan,”...
Berkreasi menyusun proteksi dan investasi sendiri
2011-08-18
Produk unitlink sudah menjadi penyumbang pendapatan paling besar bagi banyak perusahaan asuransi. Otomatis, produk asuransi yang menggabungkan asuransi dan investasi dalam satu paket ini sudah memiliki banyak pengikut. Nasabah terpikat lantaran berharap unitlink bisa mendapat manfaat ganda sekaligus, yaitu perlindungan asuransi dan investasi.

Namun, kalangan perencana keuangan menilai harapan itu susah terwujud. Freddy Pieloor, perencana...
Asuransi umum tumbuh 10%, sektor jiwa bisa 40%
2011-08-19
Industri asuransi nasional pada 2011 diperkirakan tetap tumbuh positif, dengan proyeksi pertumbuhan mencapai 40% pada asuransi jiwa dan 15% pada asuransi kerugian.

Kepala Departemen Chanel Distribusi Bancassurance Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, sekaligus Deputi CEO Allianz Life Indonesia Handojo G. Kusuma mengatakan pertumbuhan asuransi jiwa diperkirakan lebih pesat dari asuransi umum.

Proyeksi pertumbuhan tersebut bersamaan...
Tugu mandiri buka jalur bancassurance
2011-09-06
PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri akan membuka jalur distribusi kerja sama perbankan guna membidik segmen pasar ritel pada akhir tahun ini.

Direktur Utama Tugu Mandiri Maryoso Sumaryono menyatakan perseroan semakin mantap untuk memasuki segmen pasar ritel secara intensif pada tahun depan. Namun, perseroan akan mencoba memasarkan asuransi jiwa untuk nasabah individu melalui bancassurance mulai akhir tahun nanti.

"Kami sudah mendapatkan...
Asuransi Staco resmi ganti nama
2011-09-06
PT Staco Jasapratama, perusahaan asuransi umum dengan pemegang saham mayoritas oleh Dana Pensiun Bank Mandiri Dua, berganti nama menjadi PT Asuransi Staco Mandiri.

Berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-27973.AH.01. 02.Tahun 2011, tanggal 6 Juni 2011, PT Staco Jasapratama berubah nama menjadi PT Asuransi Staco Mandiri.

Direktur Utama Staco Mandiri Ruhari mengatakan perubahan nama...
8 Asuransi masuk dalam daftar 500 korporasi terkemuka China
2011-09-07
Sebanyak delapan perusahaan asuransi termasuk dalam daftar 500 korporasi terkemuka China yang dirilis akhir pekan lalu dalam acara Top China Business Summit di Chengdu, Sichuan. China Life Insurance berada dalam peringkat 10 besar.

Dalam surat elektronik yang diterima Bisnis pagi ini, China Life, asuransi jiwa terbesar nasional berada di urutan 9 daftar korporasi itu diikuti PICC pada peringkat 25. Asuransi Ping An (di urutan 34), China...
Optimal Unit Link, atau Asuransi dan Investasi Terpisah?
2011-09-13
Pembaca yang bijak artikel ini ditulis adalah untuk menjawab petanyaan yang masih relevan meskipun esensi dari artikel adalah pengulangan karena sudah pernah saya tulis di media internet (portal reksadana) sekitar tahun 2007, pertanyaan tersebut adalah mana yang terbaik jika saya membeli asuransi jiwa unit link atau membeli asuransi dan melakukan investasi secara terpisah?

Untuk menjawabnya alangkah bijaknya kita mengenal lebih dalam satu...
BNP2TKI Siapkan Rp 100 Juta untuk Dampingi Kasus Imas
2011-09-13
Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menyiapkan dana sebesar RP 100 juta untuk membantu proses hukum TKI Imas Nitiwati binti Kosim Rukmana (42). TKI asal Kampung Pekapitan Rt 04/13, Desa Rajamandala, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat itu dituduh melakukan sihir pada istri majikannya di Arab Saudi.

"Dana yang dihimpun BNP2TKI itu berasal dari Perusahaan Asuransi TKI, PT Adira Dinamika. PT Adira...
Tak Mau Kecolongan Lagi, DPR Bentuk Panja Asuransi
2011-09-30
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi XI telah membentuk panitia kerja (panja) asuransi, untuk membenahi industri perasuransian. Panja juga akan membahas lebih rinci penyimpangan dana investasi PT Askrindo di beberapa Manajer Investasi (MI).

"Panja Asuransi dibentuk dalam masa sidang, terkait dalam rangka OJK. Panja akan memonitor asuransi, dan kita bahas terhadap kinerja keuangan," kata Ketua Komisi XI DPR, Achsanul...
Keluarga Korban Merpati Jatuh di Kaimana Belum Dapat Asuransi
2011-10-25
Masih ingat dengan insiden jatuhnya pesawat Merpati jenis MA-60 di Teluk Kaimana, Papua Barat 5 bulan lalu? Para keluarga korban dulu sempat dijanjikan asuransi bernilai ratusan juta rupiah. Namun hingga kini mereka belum mendapatkannya.

"Belum sama sekali. Semua keluarga korban juga begitu," ujar seorang suami dari salah satu korban, Rano Adi saat dihubungi detikcom, Jumat (21/10/2011).

Rano mengatakan, pihak Merpati sempat...
Baru 5,6% premi asuransi TKI tersalurkan
2011-10-25
Premi asuransi tenaga kerja Indonesia yang dihimpun Konsorsium Asuransi Proteksi baru tersalurkan Rp13 miliar atau 5,6% dari total premi Rp192 miliar sejak Oktober 2010 hingga kini.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat mengatakan sebelum adanya konsorsium, premi asuransi yang tersalurkan mencapai 11%.

“Perusahaan asuransi TKI memang masih berorientasi kepada...
Asuransi Mikro Penting karena Indonesia Rawan Bencana
2011-10-28
Ketua Dewan Asuransi Indonesia Kornelius Simanjuntak menyebutkan, asuransi mikro penting bagi masyarakat Indonesia seiring dengan bencana, seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus, yang sering terjadi di Tanah Air.

"Banyak kasus bencana alam memberikan dampak buruk kepada masyarakat miskin (atau) mereka yang berpendapatan rendah," ujar Kornelius dalam acara Bursa Asuransi Mikro, di Jakarta, Rabu (26/10/2011).

Jika berdasarkan...
Kembangkan Asuransi, Pemerintah Jadi Pemeran Utama
2011-10-28
Kepala Biro Perasuransian Bapepam-LK, Isa Rachmatarwata, mengungkapkan, pemerintah dalam hal ini institusi yang dipimpinnya tidak hanya akan berperan sebagai pendorong bagi pertumbuhan produk-produk asuransi. Tetapi, Bapepam-LK juga memiliki posisi sebagai pemeran utama dalam penegakan hukum di industri asuransi.

"Jadi di masterplan (rencana induk bagi pasar modal dan lembaga keuangan non-bank, di dalamnya termasuk industri asuransi,...
Dana bencana diusulkan pengelolaannya oleh asuransi
2011-11-02
Pelaku industri mengusulkan sebagian dana untuk bencana yang dianggarkan dalam APBN dapat dikelola oleh asuransi supaya dapat disalurkan dengan cepat ketika terjadi bencana alam.

Kornelius Simanjuntak, Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengatakan pemanfaatan dana anggaran pemerintah untuk bencana akan lebih maksimal jika dikelola dengan sistem asuransi di mana pemerintah juga ikut aktif di dalamnya.

Dia menuturkan saat...
2 Asuransi siap gabung ke konsorsium risiko terorisme
2011-11-02
Dua perusahaan asuransi umum sedang dalam proses untuk masuk ke dalam konsorsium asuransi terorisme dan sabotase yang saat ini diketuai oleh PT Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein).

Robby Loho, Direktur Utama Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein), mengatakan kedua perusahaan asuransi umum tersebut berencana masuk ke bisnis proteksi asuransi terorisme dan sabotase sehingga bergabung dengan konsorsium.

Saat ini, lanjutnya, jumlah...
Penetrasi Asuransi Jiwa di Indonesia Baru 11%
2011-11-02
Penetrasi industri asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 11% dari total populasi di Indonesia. Meski potensi pasar asuransi jiwa masih luas, namun permintaan diperkirakan akan menurun di tengah krisis global.

Demikian hasil  disampaikan Direktur Marketing dan Corporate Communications AIG LIFE Indonesia Lucy Pandjaitan dalam keterangan persnya, Kamis (26/2/2009).

"Dari segi bisnis, potensi pasar asuransi jiwa di Indonesia...
Kecuali Jepang, kenaikan tarif reasuransi tak signifikan
2011-11-08
Jerman: Munich Re, perusahaan reasuransi internasional, menyatakan kenaikan tarif premi reasuransi properti dan casualty tidak akan melonjak secara global pada tahun depan.

Kenaikan tarif premi akan terpusat pada pasar asuransi di Jepang sebagai dampak bencana alam tsunami dan gempa bumi.

Perwakilan manajemen Munich Re Ludger Arnoldussen menyatakan perseroan sedang berupaya menstabilkan tarif premi reasuransi seiring dengan...
Data BPPDAN layak jadi acuan penetapan tarif premi
2011-11-08
Penggunaan data statistik dapat menjadi panduan perusahaan asuransi umum dalam menetapkan tarif premi asuransi.
 
Kocu A. Hutagalung, Kepala Divisi Reasuransi Umum PT Reasuransi Internasional Indonesia, mengatakan Badan Pengelola Pusat Asuransi Nasional (BPPDAN) yang dikelola oleh ReIndo mengumpulkan data statistik yang memuat informasi pendapatan premi dan klaim perusahaan asuransi...
China buka pasar asuransi kendaraan untuk asing
2011-11-08
Pemerintah China sedang mempertimbangkan pemberian izin usaha asuransi kendaraan bermotor kepada perusahaan asuransi asing untuk pertama kali.
           
Regulator yang menangani perasuransian telah mengajukan kepada pemerintah pusat untuk mengizinkan perusahaan yang memenuhi kualifikasi untuk memasarkan produk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi tanggung jawab pihak ketiga...
Walau mobil hilang, hati tetap tenang
2011-11-14
Terkadang, sebuah kecelakaan tidak hanya disebabkan oleh kelalaian pengendara, tapi juga pengguna jalan raya yang lain. Masalahnya, kalau sudah terjadi insiden di jalan, biasanya masing-masing pihak saling tuding dan menyalahkan.

Urusan pun bisa mengular dari jalanan, bengkel, sampai kantor polisi. Pekerjaan dan aktivitas juga pasti terganggu karena kendaraan tidak dapat digunakan sementara waktu.

Segala kerepotan itu seharusnya...
Bank Mutiara Gandeng Tiga Asuransi
2011-11-15
PT Bank Mutiara Tbk (dulu Bank Century) bekerja sama dengan tiga perusahaan asuransi, yaitu PT Asuransi Cigna, PT Panin Life, dan PT Sun Life Financial Indonesia, memasarkan produk bancassurance (produk asuransi yang dijual melalui bank).

Direktur Utama Bank Mutiara Maryono mengatakan kerja sama ini nantinya akan berbentuk pendistribusian...
Asuransi Kerugian dari Bank Ekonomi dan ACE Insurance
2011-11-21
PT Bank Ekonomi Rahardja Tbk (Bank Ekonomi) dan PT ACE INA Insurance (ACE Insurance) meluncurkan produk asuransi kerugian agunan AssetProtect, hari ini, Jumat (11/11/2011), di Jakarta. Produk ini ditujukan untuk melindungi aset dan kelangsungan usaha bagi nasabah sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

"Produk asuransi ini merupakan inovasi terbaru hasil kerja sama (bancassurance) Bank Ekonomi dan ACE Insurance sebagai dua institusi...
Klaim asuransi kebakaran Sinar Mas naik 124 kali lipat
2011-11-21
SURABAYA: Klaim santunan kebakaran PT Asuransi Sinar Mas area Jawa Timur per Agustus tahun ini meningkat 12.400% jika dibandingkan dengan klaim periode yang sama tahun lalu.
 
Edi Rusianto, Manajer Regional Sinar Mas Jawa Timur menyatakan per Agustus 2011, klaim santunan kebakaran tercatat mencapai Rp3,5 miliar. Sementara pada periode yang sama tahun lalu, klaim yang dibayarkan hanya senilai Rp28 juta.
 
"Klaim paling...
Manulife Indonesia pacu premi syariah
2011-11-21
JAKARTA: PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menargetkan kontribusi unit usaha syariah dapat mencapai 5% dari total portofolio bisnis perseroan pada 2012, tumbuh berlipat ganda dari posisi saat ini.

Nelly Husnayati, Vice President Director Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, mengatakan pihaknya akan mengembangkan bisnis syariah dan mempersiapkan unit usaha tersebut agar siap jika suatu saat regulator mengharuskan perusahaan asuransi...
Beli selagi muda, terjaga seumur hidup
2011-11-23
JAKARTA. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life) merupakan salah satu jenis asuransi jiwa tradisional. Produk whole life memberikan dua jenis manfaat bagi pemiliknya. Pertama, perlindungan atau proteksi kematian hingga usia 99 tahun. Kedua, memberikan nilai tunai yang akan muncul pada usia pertanggungan ke sekian.

"Premi asuransi dapat dibayarkan dalam jangka waktu 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, dan 20 tahun," ujar Freddy Pieloor,...
Mitsui Sumitomo Beli Saham Baru Asuransi Sinarmas Rp 7 Triliun
2011-11-23
Jakarta - Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd. membeli saham baru yang diterbitkan PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) di anak usahanya PT Asuransi Jiwa Sinarmas senilai Rp 7 triliun.

Seperti dikutip dari siaran pers SMMA, Senin (2/4/2011), kedua pihak telah menandatangani kesepakatan hari ini, namun kesepakatan ini baru efektif setelah mendapatkan persetujuan dari Departemen Keuangan.

Inti kesepakatan keduanya adalah tentang rencana...
Sinarmas Ngotot Incar Saham FREN
2011-11-23
Jakarta - Grup Sinarmas tetap melanjutkan proses pembelian saham PT Mobile-8 Tbk (FREN), melalui mekanisme masuknya 3 anak usaha Sinarmas sebagai pembeli siaga (standby buyer) dalam aksi rights issue FREN Rp 3,703 triliun.

Meski agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) FREN beberapa waktu lalu sempat batal dilaksanakan akibat tidak quorum, Sinarmas meyakini pemegang saham FREN akan merestui aksi manajemen.

Demikian...
Asuransi Cigna bidik pertumbuhan bisnis 25%-30%
2011-12-02
PT Asuransi Cigna, perusahaan asuransi kesehatan yang asal Amerika Serikat, membidik pertumbuhan bisnis 25%-30% pada tahun depan dengan memanfaatkan penjualan melalui jalur distribusi telemarketing.

“Jika melihat GDP Indonesia saat ini, tren kebutuhan asuransi semakin tinggi. Kesadaran orang terhadap proteksi risiko semakin tinggi. Jalur distribusi telemarketing menjadi andalan kami. Selain itu ada juga jalur distribusi...
Premi bruto Allianz Indonesia naik 32%
2011-12-06
JAKARTA: Allianz Indonesia, induk usaha PT Allianz Life Indonesia dan PT Allianz Utama Indonesia, membukukan kenaikan premi bruto (gross written premium/GWP) gabungan sebesar 32% menjadi Rp5,2 triliun sampai dengan triwulan III/2011 dari Rp3,9 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Joachim Wessling, Presiden Direktur Allianz Life Indonesia sekaligus Country Manager Allianz Indonesia, mengatakan kenaikan tersebut...
AIA Gandeng Pfizer
2011-12-06
KUTA, Bali: PT AIA Financial Indonesia berupaya mempertahankan perolehan premi double digit dengan menggandeng perusahaan farmasi Pfizer untuk program joint card sekaligus untuk memberikan keuntungan tambahan bagi pemegang polis.

VP Marketing PT AIA Financial Indonesia Andini Primasari mengatakan masih minimnya minat berasuransi di Indonesia memaksa manajemennya untuk mencari strategi terobosan baru untuk menarik pasar.

Langkah itu...
Sinarmas Multifinance tambah modal Rp100 miliar
2011-12-06
JAKARTA: Perusahaan pembiayaan PT Sinar Mas Multifinance mendapatkan suntikan modal sebesar Rp100 miliar dari induk usaha PT Sinar Mas Multiartha Tbk.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan hari ini, Direktur Sinar Mas Multiartha Kurniawan Udjaja menyatakan tambahan modal disetor tersebut tidak melebihi 20% dari ekuitas perusahaan.

Sebelumnya, Sinar Mas Multiartha telah menyuntikkan modal sebesar Rp120 miliar guna...
Sinar Mas Multifinance secures capital injection
2011-12-06
AKARTA: PT Sinar Mas Multiartha Tbk has injected US$100 billion capital to its subsidiary, PT Sinar Mas Multifinance.

Sinar Mas Multiartha Director Kurnia Udjaja said total additional capital was less 20% of the company’s equity.

“So, the additional capital injection is not material,” he stated in a disclosure submitted to Indonesian Stock Exchange last week.

However, there was no information further on the fund source...
Multi-finance companies to issue IDR9.45 trillion bonds
2011-12-06
AKARTA: Some multi-finance companies will issue IDR9.45 trillion of bonds late this year until early next year, despite the fluctuating financial market.
 
Six multi-finance companies are seeking fund for next year's financing, including PT SAN Finance, PT BCA Finance, PT Federal International Finance (FIF), PT Astra Sedaya Finance, PT Adira Dinamika Finance Tbk and PT Sarana Multigriya Finance (SMF).
 
SAN Finance, for...
Life insurance companies post 73.88% lower return on investment
2011-12-06
Life insurance companies generated lower return due to financial crisis abroad, though the amount they invested rose.

The industry of life insurance could collect return as much as IDR4.2 trillion in the first nine months of the year, shrinking from IDR16.1 trillion in the earlier year period.

In the meantime, investment fund increased 19.52% to IDR180.6 trillion in the first nine months of the year, compared to IDR151.1 trillion...
Pemegang Asuransi di Indonesia Baru 15%
2011-12-07
Jumlah pemegang polis asuransi di Indonesia saat ini baru berjumlah sekitar 15 persen dari total jumlah penduduk. Jumlah yang sangat sedikit ini masih berpotensi untuk meningkat di beberapa tahun ke depan.
 
Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Perasuransian Indonesia Mira Siharti di sela-sela acara Peluncuran Kampanye Mari Berasuransi di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, SCBD Sudirman, Jakarta, Sabtu (18/10/2008)...
Perusahaan Harus Perbesar Premi Asuransi Karyawan
2011-12-07
Perusahaan di Indonesia diimbau untuk memperbesar pembayaran premi asuransi karyawannya, sehingga mereka terproteksi penuh saat sakit atau mendapat kecelakaan.

Selama ini, kata Vice President Marketing AIA Finansial, Andini Primasari, di Jakarta, Minggu (4/12/2011), kemampuan karyawan untuk melindungi dirinya dengan asuransi masih sangat rendah.

Dengan kondisi itu, dia mengatakan, upaya untuk memberikan edukasi dengan mengajak...
Indonesia Masih Aman, China Mulai Kena
2011-12-09
Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia Airlangga Hartarto melihat kondisi ekonomi Indonesia cukup baik, sementara China sudah mulai terkena goncangan akibat krisis utang yang terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. "Kalau kita lihat sekarang mungkin yang dilakukan Indonesia cukup prudent karena ekonomi kita tumbuh," ujar Airlangga, dalam IICD Corporate Governance Award 2011 di Jakarta, Jumat (2/11/2011).

Dalam tujuh tahun terakhir, ia...
CIMB Niaga injeksi modal ke anak usaha multifinance
2011-12-12
PT Bank CIMB Niaga Tbk meningkatkan modal anak usaha pembiayaannya, PT CIMB Niaga Auto Finance sebesar Rp50 miliar.

"Penyertaan tersebut telah dilakukan dan efektif pada 8 Desember," ujar Head of Corporate Affairs & Sekretaris Perusahaan CIMB Niaga Harsya Denny Suryo dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia pag ini.

Dia mengatakan peningkatan penyertaan modal itu akan meningkatkan porsi kepemilikannya pada CIMB...
Aturan solvabilitas asuransi tak tekan risk based capital
2011-12-12
Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan memperkirakan penerapan aturan baru terkait penghilangan diskon pada perhitungan tingkat solvabilitas tidak akan sampai menekan risk based capital perusahaan asuransi hingga di bawah ketentuan 120%.

Namun begitu, regulator menilai ada sekitar 10 – 13 perusahaan yang perlu didorong secara khusus agar jangan sampai terseok-seok pada kuartal I/2012.

Isa Rachmatarwata, Kepala Biro...
Rela menanam meski tak memetik buahnya (selesai)
2011-12-14
Asuransi jiwa berjangka boleh dibilang mati suri. Banyak perusahaan asuransi yang enggan menjual produk ini dengan alasan peminat minim. Padahal, produk ini adalah asuransi murni yang paling dasar dengan premi sangat ramah di kantong.

Nah, berbekal beberapa panduan yang sebelumnya sudah dituturkan oleh perencana keuangan (bagian 1), Anda dapat memulai memilih produk asuransi jiwa berjangka sebagai bekal untuk keluarga dan keturunan di...
Asuransi mulai lirik daerah
2012-01-04
Perusahaan asuransi ramai-ramai melirik potensi di daerah untuk mendorong pertumbuhan pada tahun depan karena tingginya persaingan bisnis di Jakarta.

Pratomo, Direktur Teknik PT Asuransi Adira Dinamika, mengatakan kerugian besar di beberapa kawasan dunia yang disebabkan kejadian katastropik membuat kapasitas reasuransi menciut dalam perspektif akumulasi risiko di tempat-tempat tertentu, utamanya di Jakarta dan Jawa.

Hal tersebut,...
Asuransi kerugian Indonesia bayar klaim Rp11 triliun
2012-01-09
Klaim bruto yang dibayarkan oleh industri asuransi kerugian (asuransi umum) diproyeksikan mencapai sekitar Rp11 triliun sepanjang 2011 atau turun dibandingkan total klaim bruto sepanjang 2010 yang mencapai Rp12,1 triliun.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor mengatakan sepanjang tahun ini tidak terjadi peristiwa katastropik sehingga klaim yang masuk ke perusahaan asuransi turun dibandingkan tahun...
Indeks Liquidity Stress Asia naik jadi 9,3%
2012-01-09
Moody's Investors Service menilai Indeks Liquidity Stress meningkat jadi 9,3% pada Desember, naik dari 9% pada November.

Hal itu disampaikan VP & Senior Credit Officer Moody's Laura Acres dalam rilis risetnya hari ini, 5 Januari 2012.

Dia menilai data itu merujuk pada portofolio berperingkat spekulatif (rated speculative-grade portfolio) yang menunjukkan kurangnya likuiditas pada Desember di regional dibandingkan...
Musim hujan datang, permintaan asuransi banjir kok minim?
2012-01-09
Perusahaan asuransi menyatakan musim hujan kali ini tidak berdampak signifikan terhadap kenaikan permintaan polis manfaat perluasan asuransi banjir karena jenis proteksi tersebut umumnya dijual secara paket bersama lainnya.

Agus Benjamin, Presiden Direktur PT Lippo General Insurance, mengatakan perusahaan umumnya menjual produk asuransi yang komprehensif. Dia menuturkan manfaat perluasan asuransi banjir pada saat ini umumnya dijual secara...
PUNGUTAN PAJAK: Asuransi bahas pajak unit-linked
2012-01-24
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) membentuk tim kaji untuk menganalisis peraturan baru yang dikeluarkan oleh Ditjen Pajak terkait premi hasil investasi produk asuransi dan investasi (unit- linked) kena pajak.

Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim mengatakan peraturan baru yang dikeluarkan oleh Ditjen Pajak tersebut dikenakan kepada produk yang selama ini menjadi andalan industri asuransi jiwa sehingga pihaknya merasa perlu membentuk tim...
ASURANSI PROPERTI: Sebaran objek properti didata ulang
2012-02-03
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) akan meninjau ulang dan melengkapi data statistik properti eksisting untuk mencari jalan keluar terhadap kondisi bisnis asuransi properti yang dinilai semakin mengkhawatirkan.
 
Direktur Eksekutif AAUI Julian M Noor mengatakan industri sepakat bisnis properti sudah pada kondisi mengkhawatirkan karena tarif risiko untuk perlindungan gempa bumi yang sangat kecil.
 
“Ada keinginan kuat...
Japan: Big 3 non-life insurers estimate Thai flood losses
2012-02-03
Pasar usaha rental mobil di Jawa Timur tahun ini akan tumbuh 30%, menyusul kondusifnya situasi perekonomian di provinsi tersebut.

Hendra Azali, Ketua Asosiasi Pengusaha Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo) Jatim, mengatakan pihaknya tidak terlalu mengkhawatirkan rencana realisasi pembatasan BBM bersubsidi akan berpengaruh terhadap usaha rental di Jatim.

"Selain regulasinya belum jelas dan kami masih wait and see langkah...
ACCOR luncurkan program A|Club Places
2012-02-03
JAKARTA: Accor meluncurkan A|Club Places, sebuah aplikasi inovatif dan unik di Facebook yang memungkinkan anggota A|Club untuk mendapatkan poin bonus.
 
Setiap kali anggota A|Club menginap di salah satu dari 2.300 hotel yang turut berpartisipasi dan melakukan check in di aplikasi ini, mereka berhak mendapat lencana.
 
Yohanna Prieda, Cognito Communications Counsellors, dalam siaran pers Accor mengatakan lencana-lencana...
JAMINAN POLIS: LPP menanti godot?
2012-02-24
Saat ini setidaknya 87 tokoh industri keuangan baik bank, asuransi, pengamat hingga birokrat tengah sibuk dengan proses seleksi menjadi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Sejumlah isu finansial pun menjadi 'bahan jualan' para tokoh itu untuk dapat terpilih.
 
Salah satu topik yang bisa menjadi pertanyaan terhadap para calon komisioner OJK itu adalah bagaimana dengan perlindungan nasabah industri jasa keuangan, terutama nonbank? Toh...
ASURANSI KECELAKAAN: Santunan untuk korban naik dua kali lipat 2013
2012-02-24
PT Jasa Raharja menyatakan penerapan kenaikan nilai santunan sebesar dua kali lipat untuk korban kecelakaan lalu lintas rencananya baru direalisasikan pada 2013.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kalimantan Timur Tri Haryanto menyatakan kenaikan nilai santunan sebelumnya terjadi pada Maret 2008 dari Rp15 juta menjadi Rp25 juta untuk korban meninggal.

“Kami memang belum menerima keterangan secara resmi dari kantor pusat tetapi...
Bapepam bekukan Transpacific Finance
2012-03-05
Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan membekukan kegiatan usaha pembiayaan  PT Transpacific Finance.

Berdasarkan publikasi di situs Bapepam-LK Rabu (29/02), pembekuan kegiatan usaha perusahaan multifinance tersebut berdasarkan Surat S-230/MK.10/2012 tanggal 16 Februari 2012.

Sekretaris Bapepam-LK Abraham Bastari menyatakan Transpacific Finance dilarang melakukan kontrak pembiayaan baru.

Menurut data...
2 Asuransi siap gabung ke konsorsium risiko terorisme
2012-03-16
Dua perusahaan asuransi umum sedang dalam proses untuk masuk ke dalam konsorsium asuransi terorisme dan sabotase yang saat ini diketuai oleh PT Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein).

Robby Loho, Direktur Utama Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein), mengatakan kedua perusahaan asuransi umum tersebut berencana masuk ke bisnis proteksi asuransi terorisme dan sabotase sehingga bergabung dengan konsorsium.

Saat ini, lanjutnya, jumlah...
Perusahaan asuransi AS agresif ekspansi
2012-03-20
Perusahaan  asuransi asal Amerika Serikat kompak melakukan ekspansi usaha ke luar negeri seiring perubahan yang terjadi di dalam negeri AS terkait hal biaya dan regulasi baru tentang perbaikan layanan kesehatan yang disahkan oleh Kongres AS pada 2010.

UnitedHealth Group Inc, perusahaan asuransi kesehatan asal AS diantaranya akan memperluas cakupannya di Timur Tengah untuk memperbesar bisnis internasionalnya guna mengimbangi...
Asuransi kerugian Indonesia bayar klaim Rp11 triliun
2012-03-26
Klaim bruto yang dibayarkan oleh industri asuransi kerugian (asuransi umum) diproyeksikan mencapai sekitar Rp11 triliun sepanjang 2011 atau turun dibandingkan total klaim bruto sepanjang 2010 yang mencapai Rp12,1 triliun.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor mengatakan sepanjang tahun ini tidak terjadi peristiwa katastropik sehingga klaim yang masuk ke perusahaan asuransi turun dibandingkan tahun...
ASURANSI PENERBANGAN: Tiga perusahaan bukukan premi bruto Rp1,14 triliun
2012-03-26
JAKARTA: Tiga pemain besar di lini usaha asuransi pesawat terbang sukses membukukan perolehan premi bruto sebesar Rp1,14 triliun pada 2011. Ketiga perusahaan itu yakni PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), PT Tugu Pratama Indonesia, PT Citra International Underwriter.

Budi Herawan, Ketua Bidang Statistik Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), mengatakan  mengatakan tidak semua perusahaan asuransi kerugian bermain di lini bisnis...
ATURAN BARU: Produk asuransi wajib rekomendasi Komite
2012-03-30
Biro Perasuransian Bapepam-LK menerbitkan rancangan Peraturan Menteri Keuangan tentang Produk Asuransi dan Pemasaran Produk Asuransi.
 
Berdasarkan pengumuman yang dipublikasikan di situs Bapepam-LK, rancangan aturan tersebut akan menggantikan KMK No.422/KMK/2003 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi dan KMK No.426/KMK/2003 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan...
ATURAN BARU: Produk asuransi wajib rekomendasi Komite
2012-04-13
Biro Perasuransian Bapepam-LK menerbitkan rancangan Peraturan Menteri Keuangan tentang Produk Asuransi dan Pemasaran Produk Asuransi.
 
Berdasarkan pengumuman yang dipublikasikan di situs Bapepam-LK, rancangan aturan tersebut akan menggantikan KMK No.422/KMK/2003 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi dan KMK No.426/KMK/2003 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan...
Komite verifikasi tax holiday dibentuk
2012-04-13
Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo membentuk komite verifikasi pemberian tax holiday, yang bertugas mengevaluasi pengajuan wajib pajak dan mengkaji dampak strategis kebijakan tax holiday.

Ketetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 442/KMK.011/2011 yang terbit pada 27 Desember 2011.

Komite tersebut terdiri dari dua pengarah dan enam anggota, yang merupakan pejabat perwakilan dari Kementerian...
ASURANSI UMUM: Instrumen investasi jangka pendek tetap jadi pilihan
2012-05-03
Industri asuransi umum menilai dibukanya keran untuk memperluas pilihan instrumen investasi tidak akan berdampak signifikan terhadap pilihan investasi oleh perusahaan asuransi umum.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor mengatakan karakter asuransi umum yang bersifat jangka pendek membutuhkan likuiditas yang tinggi sehingga membuat perusahaan cenderung memilih jenis instrumen investasi jangka pendek yang...
Pemodal disarankan lakukan transaksi jangka pendek
2012-05-03
Para pemodal disarankan untuk bertransaksi jangka pendek di pasar obligasi dalam rangka menyiasati potensi fluktuasi pasar yang masih tinggi.
 
Analis Obligasi PT Mega Capital Indonesia, Ariawan, mengatakan potensi penguatan pasar obligasi dalam negeri sebenarnya masih cukup terbuka tapi relatif terbatas.
 
"Adanya pernyataan dari lembaga pemeringkat S&P bahwa peringkat indonesia masih akan dipertahankan di level...
Beleid baru, asuransi umum buat simulasi
2012-05-09
Pelaku asuransi umum bersiap melakukan simulasi mengadopsi beleid nomor 53 tahun 2012 tentang kesehatan keuangan asuransi dan reasuransi. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian mengatakan, simulasi agar tidak kaget ketika resmi diundangkan pada awal 2013. Maklum banyak hal baru diatur dalam beleid baru.

Misalnya, kewajiban perusahaan asuransi memenuhi tingkat solvabilitas paling rendah 100% dari modal minimum...
Batasan kesehatan asuransi diperketat
2012-05-09
Kementerian Keuangan (Kemkeu) memperketat pengawasan tingkat kesehatan keuangan asuransi dan reasuransi. Ini tertuang dalam beleid terbaru, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 53 tahun 2012 tentang Kesehatan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi. Aturan ini berlaku efektif mulai tahun depan.

Banyak hal baru di beleid tersebut. Salah satunya, terkait penerapan manajemen berbasis risiko dalam menghitung solvabilitas. Solvabilitas...
Klaim Asuransi Sumatera Barat Lebih Rp 400 Miliar
2012-05-16
Jakarta - Klaim asuransi akibat gempa Sumatera Barat diperkirakan lebih dari Rp 400 miliar. Demikian disampaikan Frans Sahusilawane, Presiden Direktur Asuransi Maipark, perusahaan pool asuransi gempa Indonesia.

Menurutnya, terdapat 3830 bangunan yang diasuransikan di wilayah gempa dengan total nilai pertanggungan Rp 9,5 triliun. "Estimasi kerugian ekonomis Rp 821 miliar," ujar Frans kepada wartawan di kantornya, Rabu (7/10)...
ASURANSI KORBAN SUKHOI: Jamsostek siapkan Rp7,5 miliar
2012-05-21
PT Jamsostek menyiapkan dana sekitar Rp7,5 miliar untuk 12 orang korban kecelakaan Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Bogor pada Rabu, 9 Mei 2012.

Menurut Dirut PT Jamsostek Hotbonar Siunaga, ke 12 korab itu adalah pekerja yang menjadi peserta jaminan sosial tenaga kerja dan pada peristiwa itu dikategorikan mengalami kecelakaan kerja.

"Kami siap menyalurkan santunan kepada ahli waris jika mereka sudah siap...
TRAGEDI SUKHOI: Diupayakan korban terima Rp1,25 miliar
2012-05-21
Kementerian Perhubungan berupaya seluruh korban kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 mendapat santunan sebesar Rp1,25 miliar dari pihak pabrikan pesawat sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No.77/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut.

Selain mengupayakan besaran santunan dari pihak Sukhoi, Kemenhub selaku regulator penerbangan nasional juga akan memberikan santunan tersendiri, begitu juga dengan pihak asuransi Jamsostek dan...
Asuransi kerugian Indonesia bayar klaim Rp11 triliun
2012-06-03
Klaim bruto yang dibayarkan oleh industri asuransi kerugian (asuransi umum) diproyeksikan mencapai sekitar Rp11 triliun sepanjang 2011 atau turun dibandingkan total klaim bruto sepanjang 2010 yang mencapai Rp12,1 triliun.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor mengatakan sepanjang tahun ini tidak terjadi peristiwa katastropik sehingga klaim yang masuk ke perusahaan asuransi turun dibandingkan tahun...
KECELAKAAN KERJA: Dalam 5 tahun klaim tanggungan Jamsostek naik 200%
2012-06-03
Angka kecelakaan kerja dalam 5 tahun terakhir terus meningkat, sehingga klaim yang dibayarkan juga mengalami kenaikan lebih dari 200%.

Menurut Direktur Pelayanan PT Jamsostek Djoko Sungkono, meningkatnya angka kecelakaan kerja di Indonesia, memprihatinkan.

Jadi, semua pihak terkait wajib memberi perhatian pada kasus tersebut, termasuk perhatian pada keselamatan dan kesehatan kerja, ujarnya saat dihubungi Bisnis, Jumat, 1 Juni...
ASURANSI TKI: Konsorsium Belum Sampaikan Data Valid, DPR Tunda Rapat
2012-06-11
Panitia Kerja Konsorsium Asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Komisi IX DPR RI mendesak Konsorsium Asuransi TKI melengkapi dan melakukan transparansi data terkait pelaksanaan asuransi untuk para TKI.

Dalam rapat Panja Konsorsium Asuransi TKI di Komisi IX DPR RI hari ini, beberapa anggota Panja mempertanyakan kelengkapan data yang disampaikan oleh konsorsium.

Irgan Chairul Mahfiz, Ketua Panja Konsorsium Asuransi TKI DPR RI...
Beleid baru, asuransi umum buat simulasi
2012-09-02
JAKARTA. Pelaku asuransi umum bersiap melakukan simulasi mengadopsi beleid nomor 53 tahun 2012 tentang kesehatan keuangan asuransi dan reasuransi. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian mengatakan, simulasi agar tidak kaget ketika resmi diundangkan pada awal 2013. Maklum banyak hal baru diatur dalam beleid baru.

Misalnya, kewajiban perusahaan asuransi memenuhi tingkat solvabilitas paling rendah 100% dari modal...
Prudential akan mengakuisisi asuransi Thailand?
2012-09-02
HONG KONG. Ada kabar, Prudential Plc sedang mempertimbangkan membeli unit asuransi milik Thanachart Bank asal Thailand. Menurut sumber, pembelian senilai US$ 500 juta ini untuk mengejar pangsa pasar AIA di Asia Tenggara.

Unit asuransi Thanachart yang akan dilelang antara lain, aset asuransi jiwa dan non jiwa, beserta divisi penyusunan bancassurance.

Thailand dengan pasar asuransi masih kecil, akan menjadi industri menarik...
Selangkah lagi, ASEI akan akuisisi asuransi umum
2012-09-07
JAKARTA. Rencana Asuransi Kredit Ekspor (ASEI) mengakuisisi asuransi umum tinggal selangkah lagi. Asuransi pelat merah ini mengaku sudah mengantongi nama salah satu asuransi umum yang akan diakuisisi.

Sayangnya, Zaafril Razief Amir, Direktur Utama ASEI enggan membeberkan nama perusahaan asuransi umum yang akan dibidik tersebut. Ia hanya mengatakan, asuransi yang akan diakuisisi itu memiliki tiga kriteria. Antara lain; sehat neraca...
Asuransi syariah was-was uang muka harus naik
2012-09-07
JAKARTA. Rencana Bank Indonesia (BI) mengeluarkan beleid loan to value (LTV) untuk perbankan syariah serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengkaji LTV multifinance syariah membuat pelaku asuransi umum syariah waswas. Maklum, mereka baru saja menikmati berkah terkereknya pendapatan karena banyak mengalihkan pembiayaan kendaraan bermotor ke asuransi syariah akibat beleid LTV untuk konvensional.

Jika LTV mereka naik, bukan tak mungkin nasabah...
Tips asuransi: pilih premi atau manfaat?
2012-09-20
JAKARTA. Sebagai produk proteksi, asuransi tak bisa dimasukkan dalam jajaran keranjang investasi. Namun, pada kenyataannya, tak sedikit, lo, yang masih mengaosiasikan asuransi sebagai bentuk investasi. Alhasil, ketika diminta menyetor duit premi dan duit premi lantas hangus karena tak ada klaim, sang pemilik polis asuransi merasa rugi.

Jangan-jangan, Anda termasuk yang masih berpikiran seperti ini?

Seperti menjawab realita di...
Asuransi Mikro Penting karena Indonesia Rawan Bencana
2013-01-21
Ketua Dewan Asuransi Indonesia Kornelius Simanjuntak menyebutkan, asuransi mikro penting bagi masyarakat Indonesia seiring dengan bencana, seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus, yang sering terjadi di Tanah Air.

"Banyak kasus bencana alam memberikan dampak buruk kepada masyarakat miskin (atau) mereka yang berpendapatan rendah," ujar Kornelius dalam acara Bursa Asuransi Mikro, di Jakarta, Rabu (26/10/2011).

Jika berdasarkan...
Asuransi mulai terima klaim banjir
2013-01-21
Informasi tentang berbagai hal sehubungan dengan dampak bencana banjir bagi kegiatan ekonomi menjadi pilihan sejumlah media cetak sebagai fokus pemberitaan pada hari ini, Senin (21/1).

Berita klaim asuransi yang mulai bermunculan akibat banjir hingga kerugian triliunan rupiah akibat bencana tersebut di Jakarta dan sekitarnya menjadi pilihan fokus utama berita.

Klaim asuransi
Bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya...
JAKARTA BANJIR: Klaim asuransi bencana diperkirakan lebih besar dibandingkan 2007
2013-01-21
JAKARTA: Asosiasi Asuransi Umum Indonesia memperkirakan klaim yang harus dibayarkan oleh industri asuransi akibat banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini lebih tinggi dibandingkan klaim yang dibayar pada periode banjir pada 2007 lalu.

Kepala Bidang Statistik, Analisa dan Informasi AAUI Budi Herawan mengakui belum dapat memperkirakan besaran klaim yang mungkin terjadi karena belum mendapat laporan resmi...
SENGKETA ASURANSI: Posisi lemah, pemegang polis cenderung dirugikan
2013-01-31
 JAKARTA--Pemerintah diminta memperketat pengawasan terhadap bisnis asuransi dengan menerbitkan aturan-aturan yang mengatur secara spesifik perlindungan terhadap konsumen utamanya terkait kontrak asuransi.
 
Sekretaris dan Mediator Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI) Ketut Sendra mengatakan secara umum pihak yang dirugikan dalam sengketa antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis adalah pihak kedua yakni nasabah...
KINERJA ASURANSI : Reasuransi Jiwa Akan Dioptimalkan
2013-03-12
Otoritas Jasa Keuangan akan mengatur reasuransi dari industri asuransi jiwa agar sepenuhnya ditahan di dalam negeri.

Demikian pula dengan reasuransi untuk produk asuransi umum yang sederhana seperti personal accident, asuransi kesehatan dan kendaraan bermotor agar dapat diserap oleh reasuransi lokal.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Benny Waworuntu menyetujui usulan OJK untuk mengoptimalkan kapasitas...
ASURANSI BANJIR: AAUI Bantah Ada Kartel
2013-04-02
Total global insured losses from Nat CATs amounted to US$77 billion in 2012, making it the third-most expensive year on record, says Swiss Re. Nat CATs and man-made disasters caused economic losses of $186 billion and around 14,000 fatalities.

The year was dominated by large, weather-related losses in the US. Nine of the ten most expensive insured loss events last year happened in the country.

High insurance penetration in North...
TENAGA AKTUARIS: Kenapa Asosasi Asuransi Kerugian Keberatan?
2013-04-15
JAKARTA - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengusulkan agar kewajiban ketersediaan aktuaris perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.53/2012 diperlonggar, dengan diperbolehkan hanya menggunakan aktuaris independen.

Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor menguraikan usulan itu dimaksudkan agar tidak ada permintaan aktuaris yang melebihi ketersediaan.
"Kami tidak menentang ide harus ada aktuaris perusahaan. Namun,...
KPPU: Batalkan Penetapan Premi Asuransi Banjir
2013-05-09
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah selesai melakukan pengawasan atas dugaan praktik persaingan usaha tidak sehat, berupa kesepakatan harga dalam penentuan premi asuransi risiko banjir oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Dalam pengawasan ini, KPPU mendapatkan fakta diberlakukannya SK Asosiasi Asuransi Umum Indonesia yaitu SK Nomor 02/AAUI/2013 tanggal 14 Februari 2013 tentang pembaharuan Pedoman Suku Premi dan Zona...
TENAGA AKTUARIS: Kenapa Asosasi Asuransi Kerugian Keberatan?
2013-05-09
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengusulkan agar kewajiban ketersediaan aktuaris perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.53/2012 diperlonggar, dengan diperbolehkan hanya menggunakan aktuaris independen.

Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor menguraikan usulan itu dimaksudkan agar tidak ada permintaan aktuaris yang melebihi ketersediaan.
"Kami tidak menentang ide harus ada aktuaris perusahaan. Namun,...
ASURANSI JIWA di China Tertekan Lonjakan Klaim
2013-05-09
BEIJING--Industri asuransi jiwa di China mengalami tekanan finansial akibat tingginya klaim akibat polis yang ditebus atau surrender value.

China Life Insurance Co, perusahaan asuransi jiwa terbesar di China, membayarkan klaim surrender value sebesar US$3,3 miliar pada kuartal I/2013, meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, klaim surrender di China Pacific Insurance (Group) Co....
Premi Bruto Asuransi Umum Capai Rp 39,4 Triliun
2013-07-12
TEMPO.CO, Jakarta -umlah premi bruto tahun 2012 yang dikumpulkan asosiasi industri asuransi umum bertumbuh sebesar 14,3 persen dari tahun 2011. Dari 78 perusahaan asuransi umum, 71 diantaranya mencatatkan kenaikan premi bruto. "Sedangkan untuk premi neto tercatat Rp 19,6 triliun, atau naik sebesar 16 persen dari tahun sebelumnya," ucap Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor di Permata Kuningan pada Senin, 27 Mei...
Tarif Ujian Sertifikasi Agen Asuransi Diturunkan
2013-07-12
TEMPO.CO, Jakarta -Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menurunkan tarif ujian sertifikasi agen sebesar 35-36 persen. Penurunan tarif ini dilakukan demi mengejar target agen asuransi berlisensi sebanyak 500 ribu agen pada 2015 mendatang.

Direktur Eksekutif AAJI Benny Waworuntu memaparkan, setidaknya terdapat 11 kategori produk yang turun tarif ujiannya. Untuk produk unit link misalnya, yang sedang banyak diminati pasar, tarif ujiannya...

Copyright 2010 PT. JAYA PROTEKSINDO SAKTI. All Rights Reserved.